728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, August 20, 2015

Tips Memulai Bisnis bagi Pemula


Dunia usaha mandiri dewasa ini semakin banyak dilirik orang, dari yang muda hingga yang tua, dari pria hingga wanita. Kendati memiliki sifat bertaruh, membuka usaha sendiri tetaplah lebih menjanjikan keuntungan yang lebih ketimbang bekerja di sebuah perusahaan. Selain itu, sudah menjadi rahasia umum bahwa berwirausaha adalah solusi yang paling tepat untuk memperbaiki taraf hidup.
Pun demikian, banyak orang yang ragu untuk mendirikan sebuah bisnis. Hal ini biasanya disebabkan oleh tidak siapnya mental dalam menghadapi fluktuasi penghasilan di dunia usaha, atau minimnya pengetahuan tentang bisnis. Nah, berikut beberapa tips memulai bisnis bagi pemula:


1. Pilih Jenis Usaha Yang Tepat
Memilih jenis usaha adalah langkah pertama yang harus Anda tempuh sebelum akhirnya terjun ke dalam praktek nyata. Pemilihan jenis usaha ini haruslah tepat, dalam artian harus sesuai dengan kemampuan atau skill yang Anda miliki, mempunyai pangsa pasar yang baik, dan lain sebagainya, sebab di depan pasti akan ada banyak hambatan yang mungkin bisa menggoyahkan keyakinan kita dalam menjalaninya.

2. Siapkan Modal
Setelah menentukan segmen atau jenis usaha, hal yang berikutnya harus Anda pikirkan adalah “modal”. Anda tentu membutuhkan modal awal untuk membeli bahan atau peralatan yang menunjang usaha, serta membayar gaji beberapa karyawan yang akan membantu Anda menjalankan bisnis tersebut. Dalam langkah ini, sebaiknya mulailah usaha dengan skala yang kecil dulu.

3. Ciptakan Visi dan Misi Usaha
Mempunyai visi dan misi jelas dalam berbisnis adalah wajib hukumnya. Hal ini dimaksudkan agar tujuan dan langkah usaha yang Anda jalani terstruktur dengan baik.

4. Aksi
Setelah menentukan jenis usaha yang dikehendaki, maka segeralah wujudkan lewat aksi nyata. Sembari berjalan, mulailah dengan skala yang lebih kecil dulu.

5. Maksimalkan Promosi
Setelah usaha Anda berdiri, maka gencarlah melakukan promosi. Untuk tahap awal, Anda bisa memanfaatkan media-media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, LINE, dan lain sebagainya. Selain efektif dan mudah dilakukan, promosi lewat media sosial ini juga tidak menelan biaya mahal. Anda bisa manfaatkan jaringan internet di Smartphone.

6. Buat Perencanaan Matang
Dalam berwirausaha, Anda harus membuat perencanaan yang baik dan menetapkan bingkai waktu untuk mengevaluasi sejauh mana bisnis akan diteruskan, diperbaiki, diubah, atau dihentikan. Bekerjalah dengan sistem llimited budget, buatlah selalu ide-ide cemerlang dan terobosan baru serta produk dan promo unik yang akan menjadi spesialisasi dan keunggulan Anda dibandingkan dengan para pesaing Anda.

7. Jaga Kepercayaan Konsumen
Menjaga kepercayaan konsumen adalah poin penting yang perlu diperhatikan dan dijaga dalam berbisnis. Menjaga kepercayaan konsumen bisa Anda lakukan dengan cara menjaga kualitas produk dan pelayanan yang Anda suguhkan. Kepercayaan pelanggan akan memudahkan perkembangan bisnis Anda di kemudian harinya.

8. Terus Belajar
Kendati usaha yang Anda inginkan sudah berhasil dibangun dan dijalankan, ada baiknya jika Anda terus menggali informasi terkait strategi bisnis, pengetahuan, dari orang-orang yang sebelumnya sudak lebih dulu sukses di bidang yang Anda geluti. Hal ini efektif untuk terus memuluskan perjalanan usaha Anda. Ingat, sepintar apapun Anda, selalu ada hal yang harus dipelajari. Belajar adalah mutlak merupakan proses seumur hidup.

Demikian tips memulai bisnis bagi pemula. Di dunia ini tidak ada hal yang tidak mungkin. Anda bisa menjadi seorang pengusaha sukses selama ada niat, keyakinan dan semangat juang yang tinggi.
Terimakasih kepada para pebisnis hebat yang sudah meluangkan waktunya untuk sekedar berkunjung maupun yang sudah baca artikel ini sampai tuntas. Semoga isi dari artikel ini bermanfaat dan bisa menginspirasi Anda.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 comments:

Item Reviewed: Tips Memulai Bisnis bagi Pemula Rating: 5 Reviewed By: Dery